Tuesday 29 June 2010

Tekateki Fisika

Saya rasa ada diantara temanteman

yang sudah sering mendengar tekateki berikut :


Berat Mana Kapas 1 Kg dengan Besi 1 Kg?
Sebenarnya bagi saya tekateki ini gampanggampang susah,namun kebanyakan orang tanpa berpikir kritis dan jeli tentu akan menjawab lebih berat besi dari pada kapas. Tentu salah besar!!!!mereka tertipu
,,namun jika menjawab beratnya sama..masih kurang jeli ternyata,,kenapa?bagi saya hal ini terletak pada soalnya yang kurang sempurna,karena ini tekateki berhubungan dengan fisika.Bagi orang yang kritis tentu akan bertanya ulang,,dimana kapas dan besi tersebut ditimbang?di ruang hampakah atau udara terbuka.
Jika diruang hampa tentu berat besi dan kapas akan sama,namun lain halnya jika ditimbang di ruang udara terbuka,jawabannya akan lain,yang lebih berat adalah KAPAS.Why?berdasarkan ilmu Fisika, Hukum ARCHIMEDES tidak hanya berlaku didalam zat cair,namun juga di udara.Benda akan mendapat tekanan ke atas sama berat dengan berat udara yang didesaknya. Volume 1 kg kapas jauh lebih besar darivolume 1 kg besi. Artinya gaya yang menyorong kapas itu ke atas lebih besar dari gaya yang mendorong besi itu. Jadi 1 kg kapas maupun besi,adalah gaya gaya resultante ke bawah dan ke atas pada titik berat kapas dan besi itu.

Misalkan berat kapas = K, gaya Archimedes ke atas pada kapas = k, berat besi = B, gaya Archimedes ke atas pada besi = b, maka K k= 1kg, begitu pula B b= 1 kg. Jadi K k= B b.

Karena volume kapas >volume besi, maka k>b, sehingga K>B, berat kapas lebih besar dari berat besi, yang dengan perkataan lain kapas yang ditimbang 1 kg lebih berat dari besi yang ditimbang 1 kg dalam udara terbuka.(GAMPANGGAMPANG SUSAH YA)

No comments:

Post a Comment